Jumat, November 28, 2008

Selamatkan Diri, Gajah Kirim SMS

Kenya - Gajah sering 'tergoda' masuk ke perkampungan penduduk dan merusak lahan pertanian. Untuk mencegahnya, gajah-gajah yang ada di taman konservasi Ol Perjeta di Kenya diberi perangkat SIM card ponsel khusus di tubuhnya yang bisa mengirim pesan SMS.

Metode pemakaian SIM card ini merupakan cara pencegahan bagi gajah untuk menyelamatkan diri sebelum masuk ke lahan penduduk. Hal ini karena biasanya, gajah di sana ditembak mati ketika sudah mengamuk di pertanian.

Salah satu gajah bernama Kimani misalnya, dilengkapi dengan perangkat SIM card itu. Jika Kimani mendekati batas yang ditentukan berbasis satelit, perangkat SIM card bakal mengirim pesan SMS peringatan secara otomatis pada para penjaga. Kemudian para penjaga akan menggiring kembali sang gajah ke habitatnya.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (14/10/2008), petani lokal memang telah sering mengalami kerugian karena tanamannya dirusak kawanan gajah. Menurut Iain Douglas-Hamilton, pendiri lembaga Save the Elephants, proyek ini cukup berhasil mencegah gajah merusak lahan petani.

Meski demikian, program tersebut bukannya berjalan tanpa halangan. Baterai yang dipakai dalam perangkat SIM Card tersebut perlu diganti secara berkala. Selain itu juga dibutuhkan biaya cukup besar untuk para karyawan yang selalu stand by mengamati pergerakan gajah.

Tidak ada komentar: